Pantai Bira, Surga di Pesisir Selatan Sulawesi




Pantai Bira atau biasa disebut Pantai Tanjung Bira merupakan objek wisata Andalan Sulawesi Selatan. Pantai ini begitu terkenal akan keindahan pasir putihnya yang berbeda dengan tempat lain. Pasir putih dengan tekstur lembut dan bersih membuat pengunjung betah bermain-main di tepi Pantai Bira. Selain itu, Pantai Bira juga dikaruniai air laut yang sangat jernih berwarna kebiruan. Itu lah kenapa bukan hanya wisatawan domestik, banyak pula wisatawan mancanegara yang berlibur ke pantai ini. 
 
Indahnya Pantai Bira, Sulawesi Selatan. Via: basecamppetualang.blogspot.com

Lokasi

Pantai Bira berada di ujung selatan Pulau Sulawesi. Secara aministratif, Pantai Bira masuk dalam wilayah Kecamatan Konto Bahari, Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan.

Panorama Pantai Bira

Untuk keindahan alam, Pantai Bira tidak perlu diragukan lagi. Pantai Bira memiliki panorama pantai khas daerah tropis yang memukau. Pantai yang membujur dari utara hingga selatan ini tentu akan menyihir siapapun yang melihatnya. Melengkapi kesempurnaan itu, Pantai Bira juga dikelola dengan sangat baik. Pantai ini sangat bersih dan tertata rapi sehingga menyuguhkan pengalaman berlibur yang benar-benar menyenangkan. Jajaran pohon kelapa disekitar pantai juga menimbulkan pemandangan yang amat serasi.

Aktivitas

Begitu sampai di pantai nan cantik ini, dijamin Anda tidak akan sabar menikmati kesegaran air lautnya yang amat jernih. Adapun aktivitas yang bisa Anda lakukan di Pantai Bira antara lain berenang, snorkeling, menyelam, berjemur, bermain pasir atau sedekar duduk-duduk menikmati panorama pantai yang amat menakjubkan. Pemandangan sunrise dan sunset di Pantai Bira juga amat romantis sehingga sayang untuk Anda lewatkan. Dari Pantai Bira, Anda dapat menikmati keindahan Pulau Kambing dan Pulau Likuang dari kejauhan.

Wisata Kuliner

Berwisata ke Pantai Bira tidak lengkap rasanya tanpa mencicipi aneka kuliner khas tempat ini. Kuliner di Bulukumba sendiri, secara umum tidak juah beda dengan kuliner Bugis dan Makassar. Jika rasa lapar sudah mendera setelah lelah bermain, Anda menikmati beragam menu seafood yang banyak dijajakan warung makan di sekitar pantai. Saat beranjak pulang, sebaiknya Anda juga membeli jagung marning kuliner khas Bulukumba sebagai buah tangan. Sedangkan dalam perjalanan dari Makassar ke Toraja, ada baiknya Anda singgah sebentar di Jenneponto untuk menikmati kudapan berupa Coto Kuda dan Konro Kuda.

Fasilitas

Pihak pengelola Pantai Bira benar-benar menyiapkan sebuah paket wisata yang lengkap. Tidak hanya memiliki keindahan alam yang memukau, Pantai Bira juga dilengkapi dengan fasilitas umum yang cukup lengkap. Antara lain toilet, kios cinderamata, pelabuhan kapal ferry, tempat persewaan motor, tempat makan, tempat persewaan peralatan menyelam, villa, bungalow hingga hotel yang memiliki tarif cukup murah dan dilengkapi restoran.

Akses

Dari Kota Makassar, Pantai Bira berjarak sekitar 200 km dan sekitar 40 km dari Kabupaten Bulukumba. Untuk menuju pantai ini, Anda dapat menggunakan baik kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Dari Kota Makassar terlebih dahulu Anda dapat menuju Kabupaten Bulukumba. Dari Bulukumba, perjalanan dapat dilanjutkan dengan naik angkutan umum berupa mikrolet dengan tarif sekitar Rp 10.000/orang.

Sedangkan jika Anda datang dari Bandara Hasnuddin, perjalanan dapat Anda tempuh menuju Terminal Malengkari menggunakan taksi dengan biaya sekitar Rp 40.000/orang. Dari Terminal Malengkari, perjalanan dilanjutkan dengan naik bus jurusan Bulukumba atau langsung menuju Pantai Bira. Karena di Pantai Bira transportasi umum hanya beroperasi hingga sore hari, sebaiknya Anda mempersiapkan rencana perjalanan dengan matang. Adapun jika harus kembali ke Kota Makassar sore itu juga, Anda dapat menyewa mobil carteran dengan tarif sekitar Rp 500.000.

Harga Tiket Masuk 2016

Untuk memasuki kawasan objek wisata Pantai Bira, Anda dikenakan biaya masuk Rp 10.000/orang.