Wisata Perkebunan Teh Bukit Tunggul Bandung



Selain Bogor, Bandung merupakan tempat wisata yang paling banyak di minati oleh warga lokal maupun internasional. Banyak penduduk Jakarta dan sekitarnya yang menjadikan Bandung sebagai destinasi wisata pada akhir pekan. Selain jarak yang mudah di jangkau, Bandung juga menyediakan jasa travel bagi wisatawan untuk sampai ke tempat-tempat wisata yang ada di Bandung. Selain jarak yang mudah di jangkau, Bandung juga banyak memiliki tempat-tempat wisata seperti Kawah putih, Gunung tangkuban perahu, Curug dago dan lain sebagainya. Namun, selain tempat-tempat wisata diatas, perkebunan teh bukit Tunggul merupakan salah satu tempat wisata yang indah namun belum banyak di ketahui  oleh para wisatawan. Perkebunan teh Bukit Tunggul terletak di sebelah utara kota Bandung yang sangat dingin atau di Cibodas, wisatawan hanya perlu mengeluarkan uang senilai Rp.7000 bila ingin masuk ke perkebunan tersebut.



Terdapat dua jalur yang dapat di tempuh bagi para wisatawan yang ingin berkunjung ke perkebunan tersebut. Jalur pertama melewati lembang ke arah maribaya kemudian naik menuju perkebunan teh bukit Tunggul. Jalur kedua dapat kita lewati melalui masjid ujung berung kemudian naik menuju bukit. Namun, para wisatawan hanya bisa mengendarai motor jika melewati jalur kedua, karena jalanan menuju kesana  sangat terjal dan curam. Di dalam perkebunan bukit unggul, terdapat beberapa tempat wisata yang bisa dipilih oleh para wisatawan, seperti Curug Sangkuriang, Saung Tenjo dan area Camping ground. Curug sangkuriang merupakan salah satu curug yang sangat indah yang berada di Bandung. Aliran air yang begitu jernih di manfaatkan oleh penduduk sekitar untuk menggali potensi wisata perkebunan bukit Tunggul yaitu dengan membuat sebuah kolam yang cukup luas dan menanam pohon kina di sekitar kolam yang menambah kesejukan Curug Sangkuriang tersebut. 

Selain curug dan saung, perkebunan bukit Tunggul juga menyediakan tempat wisata berupa area camping ground. Para pelajar dan mahasiswa bisa mengadakan camping di area camping ground tersebut. Adanya empat gunung disekitar camping ground, yaitu gunung Palasari, gunung Pangparang, gunung Bukit tunggul dan gunung Manglayang membuat area camping ground semakin sejuk dan nyaman untuk berkemah. Di sekitar perkebunan teh bukit Tunggul dekat dengan camping ground, juga berdiri sebuah pabrik untuk memproduksi kulit pohon kina. Pabrik tersebut mengolah kulit batang kayu kina yang telah di keringkan sebagai bahan baku obat malaria yang akan dikirimkan ke tempat farmasi yang ada di Bandung. Penduduk sekitar memanfaatkan banyak nya pohon kina yang tumbuh di sekitar perbukitan sebagai mata pencaharian mereka.
Sumber: erickpangeran.blogspot.com

Disekitar perkebunan teh bukit Tunggul, terdapat beberapa bangunan kuno yang masih tetap berdiri hingga sekarang. Yaitu seperti artefak megalitik yang terdapat di batuloceng. Artefak yang disebut jabang bayi tersebut dipercayai oleh masyarakat sekitar  sebagai benda yang membawa berkah. Apabila seseorang mampu mengangkat artefak tersebut, maka diyakini orang tersebut akan mudah menerima rejaki. Selain itu, disekitar artefak juga terdapat punden berundak sebagai tempat penyembahan pada masa kerajaan. Sehingga, bila wisatawan berlibur di daerah bukit unggul, mereka tidak hanya di manjakan oleh keasrian pemandangan alam sekitar tetapi juga oleh bangunan-bangunan kuno pada masa kerajaan. Bagi para wisatawan yang hendak menikmati bukit unggul lebih lama lagi, tak perlu kawatir dengan tempat tinggal, karena disekitar bukit unggul terdapat beberapa penginapan. Seperti di U village hotel bukit Tunggul ataupun villa bukit Tunggul. 

Selamat Berkunjung dan Berlibur !