Mitos Danau Tiga Warna Kalimutu

para wisatawan mancanegara maupun lokal terpesona keindahan Danau Kelimutu (detikTravel)
Apakah anda pernah mendengar danau tiga warna ?  jika anda belum pernah mendengar sama sekali mungkin harus dicek ulang pada KTP anda, apakah tercantum sebagai  warga Indonesia atau Mars, ini hanya lucon aja ya. Yang pasti danau tiga warna sangat terkenal dan menjadi kebanggaan negara kita tercinta ini, danau tiga warna terletak pada danau Kalimutu/gunung kalimutu, jika anda datang kesana maka akan tampak pemandangan dan keindahan yang mempesona, itulah anugrah yang diberikan oleh tuhan mengapa kita harus selalu bersyukur kepadanya. Yang membuat spesial dari danau ini karena warna airnya dapat berubah-berubah tanpa bisa diprediksi oleh siapapun. Kadang berwarna biru kemudian berubah lagi menjadi merah lalu berubah lagi ke warna hitam. Warna tersebut berubah kurang lebih 25 tahun terakhir.


Danau Ata Mbupu yang ditinggali arwah para tetua adat (detikTravel)
Menariknya,  jika kita temui masyarakat yang ada disekitar gunung kalimutu menganggap bahwa terjadinya perubahan terhadap warna danau diakibatkan oleh kekuatan Gaib yang menjadi penghuni gunung kalimutu. Suku Lio lah yang telah menyucikan area gunung kalimutu tersebut sebagai masyarakat yang ada disekeliling danau kalimutu. Menurut mereka danau kalimutu menjadi rumah bagi arwah-arwah orang yang telah meninggal, bahkan setiap danau dan warnanya mempunyai pemaknaan masing-masing. Mereka menamai danau yang terpisah dari 2 danau lainya dengan nama Tiwu Ata Mbupu, yang mereka yakini sebagai berkumpulnya para arwah ketua adat yang sudah wafat. 

Danau Ata Polo yang dihuni oleh arwah orang jahat (detikTravel)
Sedangkan 2  danau lainya yang berdampingan yang mereka sebut Tiwu Nuwa Muri Ko’ofai yang dianggapnya tempat dihuni oleh arwah pemuda-pemudi. Sedangkan danau yang disebelahnya mereka menyebutnya sebagai Tiwu Ata Polo, konon katanya dihuni oleh para penjahat-penjahat yang telah meninggal. Cerita tersebut merupakan cerita rakyat yang sudah diceritakan sejak nenek moyang mereka sehingga saat ini menjadi cerita yang melegenda bagi 3 danau tersebut.  Kisah tersebut menceritakan tentang sisi baik dari ketua adat dalam hal ini mereka sebut sebagai Ata Mbupu dan dari sisi gelap Ata Polo atau tokoh yang jahat sebagai dukun. Dalam perselisihan tersebut dimenangkan oleh Ata Mbupu yang memiliki sisi kebaikan. Terlepas dari cerita itu semua danau kalimutu merupakan danau yang paling unik bin ajaib didunia karena hanya satu-satunya danau yang dapat berubah-ubah warnanya sehingga tak heran jika dikunjungi oleh wisatawan mancanegara.

Sumber: detiktravel