Eksotisme Pantai Selatan Malang


Eksotisme pantai di wilayah selatan Malang memang selalu menarik untuk diperbincangkan. Bukan hanya menyuguhkan pemandanagan indah, pantai di pesisir selatan Malang juga memacu adrenalin dan menantang keberanian. Pasalnya, rute menuju pantai-pantai tersebut tidak semuanya mudah untuk ditaklukkan. Ada kalanya, pengunjung harus membelah hutan guna menemukan keindahan pantai yang memukau.

Segara Anakan di Konservasi Pulau Sempu, Malang. Sumber: fotowinara.com
Pantai-pantai di wilayah selatan Malang ada banyak sekali jumlahnya. Di antaranya ada Pantai Balekambang, Pantai Ngliyep, Pantai Sendang Biru, Pantai Kondang Merak, Pantai Pulau Sempu, Pantai Bajul Mati, Pantai Gua Cina, Pantai Lenggoksono, Pantai Sipelot, Pantai Wonogoro, Pantai Bantol, Pantai Kondang Iwak, Pantai Tambak Asri, Pantai Licin, Pantai Gatra, Pantai Clungup dan masih banyak lagi.

Seperti keindahan pantai lainnya di wilayah Indonesia, pantai-pantai di wilayah selatan Malang umumnya menyuguhkan keindahan pasir putih nan lembut dengan air laut jernih kebiruan. Tebing-tebing curan, bukit-bukit karang serta rimbunnya pepohonan juga menjadi ciri khas pantai-pantai di wilayah selatan Malang. Di tambah ombak besar khas laut Pantai Selatan, pantai-pantai di wilayah selatan Malang senantiasa menjadi magnet wisatawan.
Pantai Selatan Malang, Sumber: nasional.tempo.co

Dari seluruh pantai, sebagian sudah dikelola resmi sebagai kawasan wisata. Sehingga baik fasilitas maupun akses menuju pantai tersebut sudah terbilang cukup baik. Namun, bukan berarti pantai-pantai yang masih alami menjadi kalah pesonanya. Justru karena masih alami dengan fasilitas dan sarana terbatas, pantai-pantai ini mampu mengundang rasa penasaran yang begitu mendalam.

Bagaimana tidak, di wilayah pesisir selatan Malang beberapa pantai masih masuk dalam wilayah konservasi seperti Pantai Pulau Sempu, Pantai Clungup dan Pantai Gatra. Sebagai wilayah konservasi, tentu saja pantai-pantai tersebut tidak dibuka secara umum sebagai objek wisata bebas. Mau tidak mau pengunjung yang datang harus dibatasi agar kelestarian alam senantiasa terjaga.

Dari kedua tipe pantai di atas, muncul pula dua tipe wisatawan. Bagi Anda yang cukup senang menikmati keindahan pantai yang mudah dijangkau dengan fasilitas dan sarana lengkap, maka Anda cukup berkunjung ke pantai-pantai seperti Pantai Sendang Biru, Pantai Ngliyep dan Pantai Balekambang. Di pantai-pantai tersebut, kegiatan yang bisa Anda lakukan relatif sama dengan pantai-pantai lain yakni bermain, berenang, surving,  memancing, olahraga, wisata kuliner, atau bahkan membeli berbagai tangkapan laut dari para nelayan.

Sementara itu, jika Anda adalah wisatawan yang hobi menaklukkan tantangan, tentunya pantai-pantai yang masih alami akan lebih menarik perhatian. Pantai-pantai semacam ini umumnya membutuhkan perjuangan besar untuk bisa menjangkauanya. Selain keberanian, Anda juga membutuhkan fisik dan stamina yang kuat. Pulau Sempu sendiri, merupakan pulau dengan status sebagai pusat konservasi yang berada terpisah dari Pulau Jawa. Untuk menjangkaunya, Anda harus menyeberang menggunakan perahu motor yang biasa disewakan oleh nelayan. Adapun Pantai Clungup dan Pantai Gatra, merupakan pantai di wilayah konservasi yang letaknya masih berdekatan dengan Pantai Sendang Biru. Beda tempat tentunya beda regulasi. Sebelum memasuki pantai di wilayah konservasi, Anda diharuskan mendaftar ke pos jaga. Jangan membayangkan bisa membawa kendaraan Anda menuju tempat ini. sebagain besar perajalan harus Anda taklukkan dengan berjalan kaki. Namun jangan khawatir, sesampainya di tempat tujuan perjuangan Anda tidak akan sia-sia. Sebagaimana pantai yang hanya sedikit didatangi pengunjung, pantai-pantai di wilayah konservasi umumnya memiliki suasana tenang sehingga cocok bagi Anda yang gemar menepi dari keramaian. Adapun kegiatan yang bisa Anda lakukan di sini ialah berkemah, berenang, mamancing dan tentunya bermain di pantai. Tidak hanya itu, panorama yang ditawarkan juga tidak kalah menuai kekaguman. Segara Anakan di Pantai Pulau Sempu misalnya, merupakan salah satu surga tersembunyi yang menjadi incaran banyak wisatawan.

Sumber: www.google.com