Pemandangan Laut di Pantai Kukup Yogya yang Cantik




Jika ingin menikmati suasana Yogyakarta yang berbeda, maka datanglah ke daerah Gunungkidul. Disini terdapat banyak pantai cantik yang siap menyita perhatian Anda. Salah satunya yang cukup terkenal ialah Pantai Kukup. Pantai yang memiliki hamparan pasir putih cukup luas serta daerah laut dangkal dengan ombak yang cukup tenang ini membuat pengunjung enggan untuk beranjak pulang.

Panorama Pantai Kukup dari Jembatan ke Pulau Jumino.

Aktivitas
Berbeda dengan pantai khas laut selatan lainnya, Pantai Kukup memiliki daerah laut dangkal yang berjarak sekitar 100 m dari bibir pantai. Di bagian laut dangkal ini, Anda dapat bermain air sepuasnya. Bagian laut yang dangkal ini dibatasi oleh bebatuan karang pada ujung pantai. Sehingga bebatuan karang tersebut seolah melindungi pantai dari terpaan langsung ombak-ombak besar. Selain itu, di daerah ini Anda dapat menemukan berbagai macam ikan-ikan kecil nan cantik, bintang laut dan berbagai biota laut lainnya. Apalagi jika air laut sedang srut, Anda dengan mudah dapat menemukan ikan-ikan kecil nan cantik tersebut sedang terjebak di daerah-daerah yang dangkal. Menikmati sensasi berjalan kaki di sepanjang area pantai akan menjadi pengalaman tersendiri bagi Anda saat berlibur ke Pantai Kukup, Yogyakarta.

Di bagian timur Pantai Kukup terdapat sebuah pulau karang yang dikenal dengan nama Pulau Jumino. Layaknya Tanah Lot di Bali, Pulau Jumino menjadi ikon Pulau Kukup yang menjadi favorit banyak wisatawan. Untuk menuju pulau ini, telah tersedia jembatan guna menyeberang langsung ke pulau. Berjalan di atas jembatan menuju Pulau Jumino juga memiliki sensasi tersendiri. Anda dapat menyaksikan pemandangan lautan di bawah Anda dengan air jernihnya yang kebiruan.

Tidak hanya itu, di Pulau Jumino juga telah tersedia gardu pandang yang khusus disiapkan untuk pengunjung yang ingin menyaksikan pemandangan laut lepas dari atas ketinggian. Sedangkan bagian timur Pantai Kukup lebih didominasi oleh keberadaan gua-gua karang. Para wisatawan bayak yang memanfaatkan gua-gua tersebut sebagai tempat berteduh dari teriknya matahari. Adapun beberapa dari gua karang ini juga digenangi air laut, sehingga sebagaian menjadi tempat tinggal biota-biota laut.

Lokasi Pantai Kukup
Pantai indah dengan pemandangan menakjubkan ini, secara administratif masuk dalam wilayah Desa Kamadang, Kecamatan Tanjungsai, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Kurang lebih pantai ini hanya berjarak 1 km di sebelah timur Pantai Baron, salah satu pantai terkenal lainnya. Pantai ini juga berada 25 km di selatan wilayah Wonosari, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi DIY.

Akses Jalan
Guna mencapai tempat ini, dari arah pusat Kota Yogyakarta Anda harus menuju Wonosari dengan jarak tempuh kurang lebih 40 Km. Selanjutnya, dari Wonosari Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan mengambil jalur ke arah objek wisata Kukup-Baron dengan jarak tempuh kurang lebih 22 km ke arah selatan.

Fasilitas
Adapun fasilitas dan sarana yng disediakan Pantai Kukup terbilang cukup lengkap. Berbagai fasilitas sepeti toilet, penginapan, tempat makan, mushola, lahan parkir serta berbagai penjual souvenir khas Pantai Kukup sudah ada di area ini. Selain itu, Anda juga dapat membeli ikan hias dan terumbu karang yang dijual oleh pedagang di sepanjang area pantai sebagai oleh-oleh dari tempat ini.

Harga Tiket Masuk
Untuk menikmati keindahan Pantai Kukup, Anda harus membayar tarif masuk yang sama dengan objek wisata lainnya seperti Pantai Baron, Pantai Sepanjang, Pantai Drini, Pantai Krakal, Pantai Pulang Syawal dan Pantai Poktunggal. Adapun tarif yang dikenakan ialah Rp 5.000/orang.

Selamat menikmati liburan Anda!