Asyiknya Wisata Keluarga di Pantai Bandengan Jepara 2016



Pantai Bandengan Jepara 2016-Jika berkunjung ke Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, jangan sampai Anda melewatkan wisata pantainya. Bukan hanya Pantai Kartini dengan Kura-kura Ocean Park yang terkenal di Jepara, Pantai Bandengan yang terletak tidak jauh dari pusat kota juga menjadi salah satu primadona. Pantai yang terkenal dengan wahana permainan airnya ini terletak di Desa Bandengan, Jepara, Jawa Tengah. 
 
Serunya bermain air di Pantai Bandengan, Jepara.
Berada tidak jauh dari pusat kota, membuat Pantai Bandengan selalu dipadati pengunjung. Jika hari libur tiba, Pantai Bandengan menjadi destinasi wisata favorit warga Jepara dan sekitarnya. Selain itu, bibir pantai yang berbentuk sangat landai dengan ombaknya yang bersahabat membuat aktivitas bermain air di pantai ini cenderung aman. Dengan pengawasan orang tua, anak-anak dapat bermain air di pantai ini dengan sepuasnya. Selain itu, Pantai Bandengan sering dijadikan tempat untuk menggelar acara-acara tertentu. Diantarnya yang paling sering ialah festival layang-layang yang tentunya menarik banyak wisatawan.

Aktivitas
Tentu saja yang paling tersohor dari pantai ini adalah beragam wahana permainan airnya. Di Pantai Bandengan, Anda akan menemukan beragam wahana air yang siap disewakan kepada pengunjung dengan harga cukup terjangkau. Untuk wahana ban biasa disewakan dengan tarif Rp 10.000, jetsky disewakan Rp 60.000 dan banan boat disewakan Rp 30.000. Beberapa wahana lain seperti perahu kano, perahu motor untuk berkeliling area pantai hingga wahana ombak buatan yang dapat Anda mainkan untuk berselancar juga dimiliki pantai satu ini. Selain itu, Anda juga dapat berenang, dan melalukan olahraga seperti bola voli.

Bagi Anda yang membawa sang buah hati untuk berlibur ke pantai ini, tentunya akan sangat menyenangkan mengajak mereka bermain air dengan menyewa pelampung bebek untuk berenang di tepian pantai. jika ingin duduk bersantai, Anda dapat menyewa tikar dengan tarif Rp 10.000. Pihak pengelola juga menyediakan gazebo-gazebo untuk tempat istirahat para pengunjung ketika lelah bermain. Sensasi menyegarkan dapat Anda rasakan dengan memesan segelas es kelapa muda sambil menikmati panorama laut lepas dan ditemani semililir angin laut yang menyejukkan.

Sejarah
Nama Pantai bandengan tentu mengingatkan Anda pada salah satu spesies ikan air asin yakni ikan bandeng. Masyarakat setempat percaya bahwa nama Pantai Bandengan memiliki kaitan erat dengan kisah Amir Hasan. Amir Hasan adalah putera Sunan Muria. Saat itu, Sunan Muria meminta puteranya guna mengembangkan ilmu agama di Kepulauan Karimunjawa. Saat tiba di pantai, Amir Hasan melihat banyak ikan bandeng di sekitar area pantai. Dari kejadian tersebut, pantai ini diberi nama Pantai Bandengan.

Selain dengan nama Bandengan, pantai ini juga dikenal sebagai Pantai Tirto Samudro dan Pantai Klein Scheveningen. Dulunya, pantai Bandengan hanya dikelola oleh masyarakat sekitar sehingga fasilitas dan sarana yang tersedia belum seperti saat ini. Namun semenjak diambil alih oleh pemerintah, Pantai Bandengan menjadi semakin masif untuk dikembangkan. Oleh sebab itu, kini Pantai Bandengan telah berkembang menjadi kawasan wisata kebanggaan masyarakat Jepara yang ramai dikunjungi wisatawan.

Akses
Untuk menuju Pantai ini, Anda dapat menempuh perjalanan melalui jalan lingkar kudus. Tembusan jalan tersebut ialah jalan raya dengan rute Kudus-Jepara. Setelah itu, Anda dapat mengambil jalan menuju Jepara sampai Anda menemukan Bundaran Ngabul. Dari Bundaran Ngabul, perjalanan dapat Anda teruskan ke arah alun-alun. Jika sudah berada di alu-alun Anda tidak perlu khawatir tersasar, karena ada banyak penunjuk jalan yang akan mengarahkan Anda ke Pantai Bandengan, Jepara.

Harga Tiket Masuk
Untuk memasuki kawasan wisata Pantai Bandengan, Anda hanya dikenakan biaya tiket masuk 2016 sebesar Rp 5.000/orang.