Menjajaki Wisata Kuliner Khas Cirebon


Cirebon merupakan sebuah kota yang terletak di kota Jawa Barat dan terkenal akan jalur pantura nya. Sama seperti kota-kota yang ada di Jawa Barat lainya yang terkenal akan wisata alam dan wisata perutnya, Cirebon merupakan kota yang patut masuk menjadi daftar list bagi anda yang ingin melakukan wisata kuliner, berikut beberapa menu khas dari cirebon yang patut anda coba .

Sate Kalong

Sate Kalong, Cirebon Jawa Barat
Jika di lihat dari namanya, mungkin yang anda pikirkan sate kalong merupakan sate yang terbuat dari daging kelelawar yaitu binatang yang mencari makan pada malam hari padahal sebenernya sate kalong bukan lah memakai daging kalong melainkan daging kerbau hanya saja masyarakat cirebon menyebutnya sate kalong. Sate kalong disini hampir sama dengan sate yang lain yaitu di bakar dan kemudian disiram dengan bumbu kacang, namun yang membedakan sate kalong ini dengan sate yang lain adalah daging nya. Jika biasanya sate menggunakan daging sapi ataupun daging ayam, maka kali ini menggunakan sate kerbau. Daging kerbau merupakan daging yang bisa di bilang lebih gurih dan empuk sehingga sangat nikmat untuk di makan. Bila anda berkunjung di kota Cirebon, jangan lupa untuk menjajaki makanan satu ini.

Kerupuk Melarat yang Kaya Rasa

Kerupuk Melarat, Cirebon
Meskipun namanya adalah kerupuk melarat yang berarti kerupuk miskin, namun bukan berarti ini juga memiliki rasa yang miskin, kerupuk ini tetp kaya akan rasa sehingga di gemari oleh para pelancong yang datang ke Cirebon, Jawa Barat. Kerupuk melarat ini di bungkus menggunakan bungkusan yang sederhana yaitu berupa kantong plastik dan di tali menggunakan tali rapiah. Kerupuk melarat ini di jual dengan banyak warna dari merah, hijau hingga kuning dann tentu saja sangat enak dan menarik meskipun menggunakan kemasan yang sederhana. Kerupuk melarat ini mudah anda temukan di warung-warung pinggir jalan ataupun di toko oleh-oleh khas Cirebon. Jangan lupa untuk membawakan nya untuk keluarga bila anda berkunjung ke Cirebon!

Mie Kocok Khas Cirebon

Mie Kocok, Cirebon Jawa Barat
Jika dilihat dari namanya, mie kocok memang berbeda dengan mie yang lain meskipun menggunakan bahan dasar yang sama yaitu sama-sama mie. Mie kocok khas Cirebo ini dimasak dengan cara yang unik, yaitu menggunakan kuah santan kelapa yang akan memberikan rasa gurih pada mie tersebut. Mie disini juga menggunakan mie kuning yang di jual di pasar kemudian di campur dengan suwiran ayam, kol dann bahan-bahan lainya yang hampir mirip dengan soto. Mie kocok ini paling banyak di buru pada saat musim hujan atau pada pagi hari untuk sarapan. Jika di sajikan dalam keadaan hangat atau panas, mie kocok ini dapat menghangatka tubuh dan tentu saja juga nikmat untuk di santap sembari menyruput teh hangat, silakan mencobanya bila anda berada di Cirebon!
 

Tahu Gejrot

Tahu Gajrot, Cirebon Jawa Barat
Tentu kita sudah banyak mendengar tentang tahu gejrot bukan? Atau bahkan mungkin di kota anda telah di jual juga makanan berbahan dasar tahu ini. Ternyata tahu gejrot merupakan makanan khas Cirebon Jawa Barat. Meskipun terbilang begitu simple, dengan bahan dasar tahu kemudian di beri bumbu bawang merah, bawang putih, cabai dan gula merah namun tahu gejrot ini tetap menjadi primadona bagi para warga Cirebon terutama mereka penggila pedas. Anda wajib mencobanya bila anda berkunjung di Cirebon Jawa Barat yaitu menjajal tahu gejrot yang berasal dari asli nya.
 

Nasi Jamblang

Nasi Jamblang, Jawa Barat
Jika Jogja memiliki nasi kucing, maka Citebon memiliki nasi jamblang dan terkenal dengan nasi yag satu ini. Nasi Jamblang ini berasala dari nama sebuah desa yang berada di sebelah barat kota Cirebon yaitu desa Jamblang. Nasi jamblang ini bisa di bilang sama dengan nasi yang lain, hanya saja nasi jamblang ini di bungkus dengan menggunakan daun jati sehingga di percaya akan menambah citarasa tersendiri pada nasinya. Lauk yang bisa anda pilih pada nasi jamblang ini banyak macam nya, yaitu telor, tahu, tempe bahkan aneka lauk lainya.