Pantai Jungwok, Pantai Unik dan Asik di Gunung Kidul Yogjakarta


Selain pantai Pulang syawal atau yang lebih di kenal dengan pantai indrayanti, Jogja lebih tepatnya Gunung kidul ternyata masih menyimpan beberapa pantai cantik lainya yang wajib untuk di kunjungi. Pantai tersebut terletak di desa Jepitu, Kecamatan Girisubo. Gunung kidul Jogjakarta. Pantai ini masih belum terlalu terkenal dalam dunia wisata, karena belum di kelola oleh pemerintah maupun warga sekitar, namun keindahan pantai ini tak bisa di ragukan lagi. Air laut yang berwarna hijau, pasir putih yang membentang begitu luas bak sebuah permadani dan tebing-tebing yang menjulang di sekitar pantai. Tempat ini sangat unik, karena hampir setiap waktu terdapat ombak yang berkejar kejaran, juga ombak yang menabrak tebing sehingga menimbulkan bunyi yang sangat merdu.
 
Pantai Jungwok, Gunung Kidul Jogjakarta

Meskipun terkenal akan kemistisanya, namun pantai ini juga banyak di kunjungi oleh para wisatawan baik lokal maupun internasional, kebanyakan dari wisatawan yang berkunjung adalah mereka yang hendak melakukan kegiatan bercamping di pantai tersebut lalu mandi dengan air laut di pagi harinya ketika air laut masih surut dan ombak belum terlalu besar. Untuk mencapai pantai ini, jalanan yang dilalui tidak terlalu sulit, bisa di lalui dengan kendaraan roda dua namun cukup sulit jika di lalui kendaraan roda empat karena jalanya masih sempit. Untuk masuk di pantai ini pun kita tidak akan di pungut biaya sepeserpun, sangat di sarankan jika berkunjung ke pantai ini, anda harus menyediakan bahan makanan yang cukup banyak, karena tidak ada penjual makanan di pantai yang indah ini.
 
Bercamping di Pantai Jungwok, Gunung Kidul Jogjakarta

Ketika anda mengunjungi pantai dengan nama unik ini, yaitu pantai Jungwok, anda juga bisa langsung mengunjungi pantai Wediombo yang terletak berdekatan dengan pantai Jungwok ini. Meskipun keduaya juga terkenal sangat mistis dan memiliki banyak mitos, namun tak ada salahnya jika anda mengunjungi tempat ini untuk sekedar tau dan menikmati keindahanya. Arahnya pun berdekatan dengan pantai wediombo, yaitu hanya mengambil jalan ke sebelah kiri untuk sampai di pantai jungwok.

Pantai Jungwok ini sangat cocok bagi anda yang menyukai kesunyian, karena bisa di pastikan pantai ini sangat sepi sehingga mirip seperti pantai pribadi. Disini anda bisa menikmati deburan ombak dan kicauan burung yang ada di balik bukit ataupun sunset pada sore hari tanpa riuh lalu lalang orang yang sedang berlibur. Sangat cocok menikmati pantai Virgin seperti ini bersama sahabat ataupun pasangan, sehingga anda bisa berfoto dan bermain air di pinggiran pantai nya. Banyak yang berpendapat bahwa pantai Jungwok ini mirip dengan pantai yang terletak di Bali. Untuk kebersihan dan keasrianya pun tak perlu di ragukan lagi. Minimnya orang yang mengunjungi pantai ini, membuat pantai ini tetap terjaga kebersihanya.
 
Menikmati Pantai Jungwok

Biasanya pada hari-hari libur ataupun weekend, tempat ini banyak di kunjungi untuk bercamping, namun pada hari biasanya, sudah dapat di pastikan bahwa tempat ini sepi pengunjung, bahkan nelayan pun tak ada di tempat ini. Ketika mampir di pantai ini untuk bercamping, pastikan anda membawa perbekalan yang lengkap seperti makanan, pakaian hangat dan juga penerangan. Karena selain minim penjual makanan dan udara yang sangat dingin pada malam hari, disini juga minim sekali penerangan.

Tunggu apalagi? Jika berkunjung di Gunung Kidul Jogjakarta, jangan lupa untuk berkunjung ke pantai Jungwok yang indah dan unik ini!