Pantai Menganti, Surga Tersembunyi di Kebumen Jawa Tengah


Pantai Menganti merupakan surga kecil tersembunyi di Kebumen Jawa Tengah yang berwujud sebuah pantai nan cantik dan indah. Pantai ini berlokasi di Desa Karang Duwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Pantai ini dekat dengan pantai suwok yang juga berlokasi di Kebumen. Hanya saja alur yang dilalui lebih berliku-liku dan sedikit terjal. Kurang lebih membutuhkan waktu sekitar 1 jam untuk sampai di Pantai menganti ini jika di tempuh dari pantai suwok.

Keindahan dan kecantikan pantai menganti ini tak perlu di ragukan lagi, air laut pantai ini sangat biru dan di pinggirnya terdapat banyak batu karang yang sewaktu waktu di hempas oleh ombak yang lalu lalang. Tak hanya itu saja, di sekitar pantai juga terdapat pepohonan yang cukup rimbun sehingga bisa menambah kesejukan bila sedang berada di pantai ini. Pantai menganti ini juga memiliki banyak spot untuk berfoto sehingga sangat cocok di kunjungi bagi anda yang memiliki hobi berfotografi ataupun selfie.

Pantai Menganti, Kebumen Jawa Tengah


Pantai Menganti ini sebenarnya merupakan tempat pelelangan ikan bagi para nelayan, sehingga tak heran jika disini juga banyak kapal nelayan yang tersusun rapi di pinggiran pantai dan hal tersebut justru menjadi pemandangan unik dan menarik di pantai ini. Bagi anda yang suka akan ikan ataupun makanan laut bisa sekaligus membelinya disini dengan harga yang lebih murah tentu saja.

Untuk kuliner, di pinggiran pantai ini terdapat banyak sekali penjual yang menjajakan makanan nya, sehingga anda tak perlu khawatir kelaparan bila berada di tempat ini. Di sini juga tersedia berbagai kuliner seafood seperti kerang laut, cumi-cumi juga ikan bakar.

Fasilitas yang ada di pantai menganti ini pun terbilang cukup lengkap, terdapat deretan gubuk di pinggiran pantainya, sehingga anda bisa menyewanya, juga terdapat beberapa villa keluarga yang saat ini juga sedang di bangun lebih luas lagi yang bisa anda jadikan sebagai tempat menginap di pantai indah ini. Jika anda ingin menginap dengan nuansa alam seperti camping dan tidur di sebuah tenda, anda juga bisa melakukanya di pinggiran pantai ini. Fasilitas berupa toilet dan kamar bilas setelah anda berenang pun juga sudah tersedia disini.

Bercamping di Pantai Menganti


Selain pantai yang sangat cantik dan indah, yang tak kalah seru dari pantai ini adalah sebuah mercusuar yang terdapat di atas bukit, mercusuar ini bisa kita naiki dan kemudian mengambil gambar dari atas, tentu saja hasilnya sangat indah karena seluruh bagian pantai akan terlihat dari ketinggian.

Akses untuk sampai di pantai menganti ini yaitu sekitar 45 km dari Kebumen. Sangat disarankan bila berlibur ke tempat ini menggunakan kendaraan pribadi, baik beroda dua maupun beroda empat. Karena untuk kendaraan umum sendiri masih sangat terbatas atau hampir tidak ada. Jika kita berasal dari Purwokerto maka disarankan untuk berhenti di pantai ayah terlebih dahulu, lalu ikuti petunjuk menuju pantai menganti yang kurang lebih jaraknya sejauh 4 km dan dapat di tempuh dalam waktu 30 hingga 40 menit. Namun, bila anda berasal dari luar kota seperti Jakarta dan menggunakan angkutan umum, maka sebaiknya anda berhenti di stasiun gembong yag ada di Kebumen, lalu ikuti petunjuk jalan hingga sampai di pantai Menganti.

Biaya masuk pantai menganti ini yaitu sekitar Rp 5000/orang dan pastikan ketika hendak mengunjungi pantai ini, kendaraan anda sedang dalam posisi prima, karena jalan yang di lalui pun cukup terjal dan licin.

Tunggu apa lagi? selamat berlibur!