Pesona 10 Tempat Wisata di Vietnam Paling Populer



Vietnam merupakan Negara berkembang yang ada di Asia Tenggara. Vietnam menjadi salah satu negara yang mempunyai destinasi wisata yang menarik untuk di kunjungi, lalu apa sajakah destinasi yang ada disana. kami akan mereangkumnya dalam daftar tempat wisata di Vietnam yang wajib di kunjungi, berikut ulasanya; 

Ha Long Bay
Ha Long Bay
Ha Long Bay merupakan tempat wisata negara Vietnam yang wajib anda kunjungi jika berada di negara ini. Tempat wisata ini sudah banyak dikenal oleh wisatawan mancanegara karena keindahan dan keistimewaannya. Ha Long Bay berada di Vietnam Utara tidak jauh dari perbatasan Cina. Sejak tahun 1994 UNESCO menyatakan Ha Long Bay sebagai salah satu Situs Warisan Dunia yang wajib dirawat dan dijaga. Keistimewaan yang dimiliki oleh tempat wisata negara Vietnam ini adalah pemandangan air laut yang indah dengan warna biru toskanya. Selain itu di sini juga terdapat pulau-pulau dengan batu kapur yang tinggi dan gelombang laut yang bisa anda nikmati. Setidaknya terdapat 1600 pulau batu kapur yang ada di Hal Long Bay. Pulau-pulau tersembunyi di balik hutan, dan beberapa ada yang memiliki danau maupun gua.


Danau Hoan Kiem
Danau Hoan Kiem
Danau Hoan Kiem merupakan tempat wisata negara Vietnam yang terletak di ibu kota negara yaitu Hanoi. Danau ini cukup unik karena terletak di tengah-tengah kota Hanoi. Karena terletak di tengah ibu kota, danau ini akhirnya digunakan sebagai sarana pembelajaran dan pusat olahraga oleh penduduk setempat. Hoen Kiem sendiri memiliki arti “returned sword”, didapatkan dari legenda yang beredar disekitar masyarakat yang menceritakan tentang Raja Le Loi. Raja tersebut diceritakan memiliki sebuah pedang yang mengandung kekuatan magis yang diberi oleh dewa. Raja Le Loi menggunakan pedang sakti tersebut untuk melumpuhkan penyerangan Cina. Kemudian setelah selesai, Raja Le Loi mengembalikan pedang tersebut ke Golden Turtle God yang bersembunyi di dalam danau.

Kota Tua Hoi An

Kota Tua Hoi An
Kota Tua Hoi An merupakan tempat wisata yang ada di negara Vietnam berupa sebuah pelabuhan perdagangan. Pelabuhan tersebut merupakan pelabuhan penting yang ada di Vietnam karena dapat menghubungkan Asia dan Eropa selama 17 abad. Kota perdagangan tersebut kini sudah dipindahkan ke lokasi lain, namun hal tersebut tidak mengurangi keindahan kota tua yang tetap dijaga dan dilestarikan. Di kota tua ini anda dapat melihat jalanan kecil yang tidak bisa dilalui kendaraan beroda empat, dan juga bangunan-bangunan dengan desain klasik yang tetap berdiri dengan kokohnya. Bangunan-bangunan yang ada di kota ini memiliki arsitektur yang berbeda-beda mulai dari bangunan bergaya Jepang, Cina, dan juga kanal-kanal khas Perancis. Hoi An juga telah dijadikan salah satu Situs Warisan Dunia oleh UNESCO sejak tahun 1999. 


Kompleks Monumen Hue

Kompleks Monumen Hue
Kompleks Monumen Hue merupakan tempat wisata negara Vietnam yang kesekian yang sudah menjadi salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO. Kompleks monumen ini berada di kota Hue, Vietnam Tengah. Dulunya Hue merupakan ibukota negara Vietnam, tapi sejak tahun 1945 ibukota Vietnam bukan lagi kota Hue. Dalam kompleks ini terdapat ratusan monumen dan reruntuhan-reruntuhan diantaranya Forbidden Purple City, Kota Imperal, makam kerajaan, menara bendera, pagoda, kuil, perpustakaan, dan museum. Selain arsitekturnya yang istimewa, Kompleks Monumen Hue juga terkenal akan pemandangan landscapenya yang indah. Jangan takut akan merasakan kelaparan jika mengunjungi tempat ini, karena di kawasan Hue juga terdapat berbagai masakan khas kerajaan yang wajib untuk anda coba.

Pulau Phu Quoc

Pulau Phu Quoc
Pulau Phu Quoc merupakan tempat wisata negara Vietnam yang berada di depan pantai Kamboja. Pulau ini merupakan pulau terbesar yang ada di Vietnam, juga dikenal sebagai Phuket-nya Vietnam. Jika anda berkunjung ke Pulau Phu Quoc, anda dapat menikmati pemandangan hutan tropis, terumbu karang yang indah dan belum terjamah oleh tangan manusia, dan juga pantainya yang luas. Salah satu pantai yang bisa anda kunjungi di tempat ini adalah Pantai Bai Dau atau juga dikenal dengan nama Long Beach. Long Beach sangat indah dan menawan, tak heran jika pantai ini masuk ke dalam daftar lima pantai terindah di dunia. Selain pantainya yang indah, di Pulau Phu Quoc anda juga bisa mencoba menikmati saus ikan fermentasi atau dikenal dengan nama Nuoc Nam. 

My Son Sanctuary
My Son Sanctunary
My Son Sanctunary juga merupakan tempat wisata negara Vietnam yang dijadikan Situs Warisan Dunia oleh UNESCO. Tempat ini merupakan contoh yang baik dari peradaban Champa Kuno. My Son Sanctunary berada di bagian selatan Vietnam. Tempat wisata ini perpaduan antara pusat politik dan tanah pemakaman kerajaan. Terdapat kurang lebih 70 struktur situs yang ditujukan kepada dewa dewi Hindu di dalam tempat ini. Situs-situs tersebut pernah runtuh akibat perang yang terjadi di Vietnam, namun setelah peperangan reda pada tahun 1898 Perancis merenovasi kembali bangunan ini. Tempat ini memiliki nilai sejarah yang tinggi untuk anda yang tertarik dengan negara Vietnam di masa lampau.


Sa Pa Terraces
Sa Pa Terraces.
Sa Pa sendiri merupakan sebuah kota di Vietnam yang berada dekat dengan perbatasan Cina. Kota ini identik dengan keindahan pemandangan sawahnya yang menawan. Jika anda mengunjungi kota ini anda bisa melihat terasering sawah yang hijau di lembah Muong Hoa yang terletak di antara kota Sa Pa dan Gunung lebat. Di tempat ini anda bisa melakukan kegiatan trekking dengan jalur yang cukup menantang yaitu lembah dan lereng yang cukup curam.  Di sini anda juga bisa berkenalan serta mendapatkan informasi tentang budaya kelompok etnis Hmong yang menjadi penduduk kawasan Sa Pa. Untuk anda yang menyukai kawasan alam yang sejuk seperti suasana pedesaan anda wajib datang ke Sa Pa Terraces.


Taman Nasional Phong Nha-Ke Bang
Taman Nasional Phong Nha-Ke Bang
Taman Nasional Phong Nha-Ke Bang merupakan sebuah taman nasional yang juga menjadi salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO. Taman Nasional ini berada di Provinsi Quang Binh,  Vietnam utara – tengah. Di taman ini anda bisa melihat pengembangan kulit bumi yang dilakukan selama 464 juta tahun silam. Selain itu anda juga bisa menikmati zona kapur dengan luas 2000 km persegi, gua-gua yang panjangnya mencapai 70 km. Gua terbesar yang ada di dunia juga terletak di Taman Nasional Phong Nha-Ke Bang ini, gua tersebut dikenal dengan nama Hang Song Dong Cave. Keistimewaan lain dari taman ini adalah fitur geomorfiknya yang signifikan termasuk sungai bawah tanah, gua dendritik, gua kering, dan juga gua bertingkat.


The Sand Dunes
The Sand Dunes
The Sand Dunes merupakan tempat wisata negara Vietnam yang cukup populer di kalangan wisatawan. Tempat wisata ini berada sekitar 65 km menuju timur laut dari pantai Phan Tiet. Dari kejauhan pasir di bukit ini akan terlihat seperti berwarna emas. Wisatawan sangat menyukai menelusuri bukit ini karena bentuknya yang mirip dengan sahara. Di bukit ini anda bisa memilih untuk mengunjungi The White Dunes atau The Red Dunes. The White Dunes memiliki area yang lebih luas, terdapat banyak pohon pinus yang rindang dan menambah kesejukan suasana, selain itu di The White Dunes juga terdapat penjual makanan dan minuman yang dapat anda manfaatkan. Sedangkan The Red Dunes memiliki keistimewaan dari segi pemandangannya yang sangat cocok untuk djadikan latar foto anda, karena pasir di area ini berwarna coklat yang akan tampak lebih indah jika masuk ke dalam hasil jepretan anda.

Nha Trang
Nha Trang
Nha Trang merupakan sebuah kota resor tepi yang ada di negara Vietnam. Tempat ini berada di sepanjang teluk dengan pemandangan yang indah dan menakjubkan. Jika anda berkunjung ke tempat ini anda akan melihat pantai yang indah, pulau yang subur, dan tak lupa resor yang cukup populer. Nha Trang biasanya digunakan sebagai tempat persinggahan kapal pesiar. Di sini anda dapat melakukan kegiatan-kegiatan yang menyenangkan seperti scuba diving, snorkeling, kite boarding, berlayar, atau catamaran rides. Tak hanya keindahan alam, anda juga bisa menikmati wahana taman hiburan seperti roller coaster atau kolam gelombang. Kelengkapan tempat ini dipenuhi dengan adanya restoran kelas tinggi dan café yang terletal di trotoar jalanan yang dapat anda jadikan objek untuk berwisata kuliner.