Gunung Tangkuban Perahu, Ikon Bandung yang Mempesona


Bandung merupakan tempat paling nyaman untuk menghabiskan liburan akhir pekan. Karena tidak hanya terkenal dengan wisata belanja maupun kuliner tetapi Bandung juga terkenal dengan panorama alamnya yang begitu menarik mata. Salah satu contoh wisata alam yang paling menarik dan sering di kunjungi oleh para wisatawan adalah gunung tangkuban perahu.  Gunung ini terletak di kawasan lembang, Bandung. Gunung tangkuban perahu merupakan salah satu ikon wisata kota Bandung yang paling banyak di kenal dan diminati oleh para wisatawan, baik wisatawan lokal maupun domestik. Gunung ini merupakan gunung api aktif yang masih sering mengeluarkan gas berupa sulfur. 

Gunung Tangkuban Perahu

Keindahan Gunung tangkuban perahu ini terletak pada kawahnya yang sangat lebar. Selain itu, dari atas Gunung tangkuban perahu, pengunjung akan di suguhkan dengan panorama yang begitu indah sehingga banyak para wisatawan yang mengabadikan panorama tersebut dengan berfoto berlatarkan kawah Gunung tangkuban perahu.
Gunung Tangkuban Perahu
 Bagi para wisatawan yang hendak mengunjungi gunung tangkuban perahu, ada beberapa rute untuk sampai disana. Seperti melalui jalur paster, sadar dan baros. Apabila melewati jalur paster, maka setelah melewati tol purbaleunyi para wisatawan bisa langsung keluar menuju jalan paster kemudian menuju ke Lembang hingga tiba di jalan raya tangkuban perahu, kemudian melewati gerbang atas hingga sampai di wisata Gunung tangkuban perahu. Namun, apabila wisatawan memilih jalur sadar, maka setelah melewati tol purbaleunyi dan keluar menuju jalur sadar, para wisatawan bisa langsung meneruskan perjalanan menuju Purwakarta dan di teruskan menuju gerbang atas  tanpa harus melewati jalan raya tangkuban perahu.  Apabila wisatawan menggunakan jalur yang terahir, yaitu jalur baros, maka wisatawan harus melewati jalan baros setelah keluar dari tol purbaleunyi kemudian menuju ke jalan tangkuban perahu hingga sampai digerbang atas gunung tangkuban perahu. Cukup mudah bukan bagi wisatawan untuk sampai di wisata gunung tangkuban perahu?
Kawah Tangkuban Perahu
Bila wisatawan belum puas berkunjung di wisata tangkuban perahu, maka mereka tidak perlu mencari tempat yang jauh untuk bermalam, karena disekitar Gunung tangkuban perahu telah tersedia penginapan baik hotel maupun villa dengan variasi harga dan fasilitas yang berbeda-beda, dari mulai penginapan dengan kelas ekonomi hingga eksekutif atau bintang lima. Penginapan paling dekat dengan wisata gunung tangkuban perahu yaitu berjarak sekitar 2 km di Lembang, Bandung. Salah satu contohnya dalah hotel bintang tiga yang terletak disekitaran gunung tangkuban perahu. Hotel tersebut memberikan harga sewa setiap kamarnya senilai Rp 5.000.000. Umumnya, satu kamar bisa ditempati oleh empat hingga lima orang. Namun, apabila wisatawan ingin menginap di kamar yang lebih luas dan lengkap dengan barang elektronik seperti televisi dan kulkas, wisatawan harus merogoh kocek lebih dalam lagi. Disekitar penginapan tersebut, disediakan juga fasilitas lain seperti kebun buah dan kolam renang.
Selamat Berlibur di Ikon Kota Bandung !
By : Yona