Serunya Wisata Bahari di Pantai Prigi




Saat berkunjung ke Kabupaten Trenggalek, jangan lupa untuk datang ke salah satu objek wisatanya yang populer. Objek wisata tersebut ialah Pantai Prigi. Sebuah pantai yang terletak di Desa Tasikmadu, Watulimo, Trenggalek ini berjarak sekitar 48 km ke arah selatan dari pusat Kota Trenggalek, sekitar 40 km dari Pusat Kota Tulungagung dan sekitar 186 km dari kota Surabaya.

Tidak hanya terkenal sebagai objek wisata, Pantai Prigi juga merupakan Pelabuhan Penagkapan Ikan (PPI) berskala nasional yang terbesar di kawasan pantai selatan Laut Jawa. Tidak jauh dari bibir pantai, deretan pohon kelapa tumbuh dengan serasi. Pantai Prigi juga memiliki sebuah teluk, dimana jika menyeberanginya Anda akan dapat menyaksikan bukit nan hijau yang menghalangi datangnya laju ombak. 

Kapal nelayan sedang merapat di Pantai Prigi, Trenggalek. Sumber: cendhika.com


Sebagai objek wisata yang telah lama berdiri, Pantai Prigi sudah populer bagi para wisatawan. Tidak heran, pada akhir pekan maupun saat hari libur lainnya, Pantai Prigi selalu dipadati oleh pengunjung. Karena kondisi pasirnya berwarna putih, banyak orang juga menyebut pantai ini dengan nama Pantai Pasir Putih Prigi.

Akses
Untuk menjangkau Pantai Prigi, Anda dapat melalui jalan utara mupun selatan. Jika Anda memilih jalan utara, rute yang akan Anda lalui antara lain Tulungagung, Gondang, Durenan, Bandung dan Prigi. Adapun jika Anda memilih jalan selatan, maka rute yang akan Anda lalui antara lain Tulungagung, Boyolangu, Campurdarat, Bandung dan Prigi. Anda tidak perlu khawatir, kondisi jalan menuju pantai Prigi sudah bagus dan beraspal.

Aktivitas
Ada banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan begitu sampai di Pantai Prigi. Anda dapat berenang hingga bermain pasir pantai yang putih bersih. Meskipun termasuk jajaran pantai selatan, ombak yang dimiliki Pantai Prigi masih dirasa cukup bersahabat. Akibat terhalang perbukitan hijau di bagian sisi kiri dan kanan pantai, ombak di pantai ini relatif lebih kecil di banding pantai lain di wilayah laut selatan.

Tidak hanya berenang dan bermain pasir pantai, Anda juga dapat mengarungi laut di Pantai Prigi dengan cara menyewa perahu yang biasanya akan dikenakan tarif kurang lebih Rp 100.000. Adapun kapasitas yang dimiliki perahu motor tersebut ialah sebanyak 10 orang.

Fasilitas
Saat lelah bermain dan rasa lapar mulai menyerang, Anda dapat menikmati aneka makanan khas Jawa serta kuliner hasil olahan seafood yang disajikan di warung-waung dekat pantai. Apalagi jika hidangan tersebut disajikan bersama es kelapa muda nan segar, dijamin akan membuat lidah Anda bergoyang.

Jika ingin berbelanja buah tangan, Anda dapat membeli beragam kerajinan dan cinderamata berupa pernak-pernik dari kerang dan hasil laut lainnya. Di pusat oleh-oleh tersebut juga tersedia T-Shirt dan batik khas daerah Trenggalek.

Untuk menikmati pesona Pantai Prigi lebih lama, Anda dapat menginap di hotel maupun mendirikan tenda di area bumi perkemahan. Posisi hotel tersebut tidak jauh dari bibir pantai. Dengan beragam fasilitas seperti AC, TV, double bad, welcome drink, sarapan dan masih banyak lagi. Bahkan deburan ombak Pantai Prigi masih dapat Anda dengar karena letak hotel masih sangat dekat dengan pantai.

Selain penginapan, Pantai Prigi juga dilengkapi area lahan parakir yang luas, auditorium hingga sarana olahraga seperti lapangan tenis.

Harga Tiket Masuk 2016
Untuk bisa memasuki area wisata Pantai Prigi 2016, Anda hanya dikenakan biaya sebesar Rp 3.000/orang.  Adapun setelah memasuki area mangrove dimana Anda akan memasuki kawasan pantai berpasir putih, petugas akan mengenakan tarif sebesar Rp 6.000/orang.